Tuesday, January 29, 2008

Gerakan Anti-Televisi

(Puisi dikarang oleh "Arie". Nggak kenal jg siapa but nemu puisi ini dari multiply-nya Komunitas Puisi Indonesia. http://apresiasipuisi.multiply.com/journal/item/836/Menggugat._ )

Tayangan televisi hari ini basi !
isinya pembodohan semua.
hiburan yang tidak menghibur,
pendidikan yang tidak mendidik.

cinta di umbar
religi di komersilkan ..

komunikasi satu arah,
ku telan mentah-mentah

tak ada jeda untuk bernapas
semuanya menjerat, mengejar, memburu
meminta untuk di miliki

pilih aku, pilih aku
dan akan kuhibur dirimu
kuganti semua kesedihanmu dengan semua kegembiraan ini

walau semuanya akan berakhir dalam jangka waktu

tak perlu malu meniru.
siapa mereka berani me-legitimasi orisinalitas ?

di tempat lain kenyataan di jual.
reality show yang tidak benar-benar nyata
karena semua pelakunya juga berakting
dalam hidup sehari-hari mereka
telah terbiasa
membohongi diri sendiri

inikah kenyataan hari ini ?

aku menghujat, aku menggugat
aku mengkritik,
tapi tetap menonton ..
__

Pas banget dengan suara hatiku yang percaya sepenuhnya nonton TV itu membodohi diri sendiri. Bedanya, aku nggak tetap menonton..hahaha.. Memang ada juga tayangan yang bagus dan mendidik, misalnya aja Indosat Galileo, National Geographic, berita, bahkan seperti front-nya TV Mobile. But let's face it, berapa dari kita yang memilih nonton acara2 itu daripada sinetron, reality TV, drama cengeng etc etc? Hiburan? Hiburan memang perlu, tapi apa nantinya kita akan memberi contoh generasi berikut untuk pasif menghibur diri dan tinggal terima apa aja yang disodorkan ke mereka?

Ah, anyway, memang aku biased. Baca buku tetap pancen oye!

No comments: