Saturday, December 15, 2007

Langit Penuh Bintang

To see the world in a grain of sand
Heaven in a wild flower
To hold infinity in the palm of your hand
Eternity in an hour
(William Woodsworth)

Barusan pulang dari Astrobash XX, iseng nebeng NUS Astronomy club pergi observasi ke pulau Bintan, dan sekarang pendapatku pribadi adalah: setiap orang harus punya kesempatan untuk berbaring di pantai gelap dan sepi, dengerin suara ombak sambil liat langit penuh bintang... waaaa..... hahahahaha senang banget sih, terasa banget kalau aku adalah manusia kecil di pulau kecil di laut kecil di benua kecil di planet kecil di tata surya kecil di alam semesta yang luasnya nggak bisa dipikirkan oleh otakku... wah.....

Newae, emang keren sih ikut astrobash itu.. pas observasi itu, ada yang bawa laser pointer yg powerful gitu jadi bisa buat nunjuk2 rasi bintang di langit, bener2 kayak sinar lasernya nyampe ke bintang2 itu..serasa langit jadi papan tulis raksasa! Asli hebat! Trus sekarang at least aku tau nama2 dan letak bintang dan rasi2 bintang yang umum...Andromeda, Cassiopea, Perseus, Taurus, Pisces, Aries, Canopus, Aldebaran, Sirius, Pleiades.. nanti kalau punya anak kasih nama rasi bintang ah..hahaha... oh ya, mengenai Orion, ternyata tiga bintang sejajar yang selama ini aku pikir that's all to Orion itu namanya Orion's Belt, yang berarti itu cuma ikat pinggangnya rasi bintang Orion doang! Masih ada busurnya, perisai, kepala, kaki etc..malah menurutku ada jerawatnya juga..hehehe.. Orion's Pimple ;p Saw the Milky Way too!

Liat meteor shower juga..Geminid... yang aneh ya..kan menurut orang kalau ada meteor lewat tuh bisa make a wish,tp begitu liat meteor2 itu n aku mikir enaknya buat wish apa, aku nyadar kalau so far aku dikaruniai hidup yg berkecukupan banget dan aku sendiri enggak punya wish apa-apa.. yah, semoga aku selalu bisa maintain this attitude of gratitude...
Keinget satu filem yg pernah aku tonton, judulnya Le Papillon, dimana ada adegan satu anak kecil liat meteor shower trus nanya ke kakek2 yg ketus, kira2 begini:
Anak kecil: "Kek, sebetulnya bintang jatuh itu apa?"
Kakek ketus: "Itu rambut Tuhan yang rontok!"
Kakeknya keren deh...heheheh...

That aside, bener2 enjoy trip ini karena it was a good break dari cuaca Singapur yang hari-hari hujan dan berawan terus.. hari pertama pas nyampe sih emang di Bintan gerimis trus ujan, yg bikin aku merasa setelah pernah masuk "hutan hujan tropis" akhirnya aku bisa mengalami "pantai hujan tropis"....huhuhu...masa di pantai bawa payung... untung hari kedua nya really sunny jadi jiwa outdoorku langsung mengganas dan puas2in maen di pantainya. Sebetulnya pantainya biasa aja sih, tapi karena sepi jadi masih banyak binatang2nya gitu, umang2 lah, ubur-ubur, segala kerang2 aneh dan kepiting, pokoknya asik sendiri liat binatang macem2..hehe...btw pernah liat kerang jalan? Unik sekali! (Nggak bisa describe jadi moga2 pembaca bisa liat sendiri kapan2)

Ahhh....langit penuh bintang..Masih terbayang di kepalaku....

2 comments:

Anonymous said...

Auguries of Innocence by William Blake, not Wordsworth.

joy the penguin said...

yikes! sorry and thank you!