Thursday, April 17, 2008

Post-submission AAR (After Action Report)

Huaaaaaaahhhhh....... selesai juga akhirnya... sejauh ini, semester inilah yang paling bikin capek mental krn semua tutors seolah put in extra effort biar deadline2 pada clash.. pertama kalinya ada project submission 4 hari sebelum design submission..hueh..
yah tapi semuanya udah selesai, n seperti biasa, kami anak2 archi akan liat ke belakang dan bilang: "I'm a survivor!" =) hm...so how was this semester...? kl mo jujur, secara fisik jauh lebih relaxing daripada last sem, dimana aku harus nginep2 di studio more than half the sem, gara2 tutornya keren abis tapi sadis berat... secara mental, ya itu tadi, semester paling melelahkan so far gara2 project byk banget n deadlines-nya clash2. tp terasa betul kekompakan anak2 archi saat stay over bareng, complain bareng, supper bareng, dan tak lupa ngerjain online tests bareng2..hehehe... tanpa community spirit yg seperti itu, archi just won't be as fun.

well..anehnya yah..kalo ada satu hal yang betul2 aku pelajari semester ini,it's to not take school so seriously... dan ternyata aku baik2 saja tuh.. *cross finger, liat apa aku bakal nelan ludah sendiri setelah nilai2 keluar* hm..kecuali yg disastrous presentation itu, but aku rasa kontribusi seluruh grup ampe bisa ancur begitu... yah, senang sih, krn sejauh ini aku penasaran apa yg akan terjadi kalo aku nggak menjual jiwaku ke arsitektur, dan ternyata ok ok aja. targetku di awal semester cukup tercapai, yaitu lebih banyak memperhatikan temen2, keluarga, gereja, daripada melulu memperhatikan studi. Tentu aja aku bersyukur krn terasa Tuhan membantu aku dan memberkati pekerjaan tanganku, sehingga aku bisa punya waktu dan kemauan memperhatikan orang lain. susah lho, utk seorang mantan loner yg menganggap archi adalah mistess-nya..hahahahaha...

Perbuatan paling nekat semester ini: *actually, perbuatan paling nekat selama aku di archi sejauh ini* pergi nonton konser "We Will Rock You" tepat pada malam sebelum submission...hahahhahaha.. inilah akibat beli tiket tanpa bener2 ngecek tanggal submission.. tapi aku malah seneng udah pergi.. hm...it made me feel bad, but also feel good..hahaha.. kyk seorang nerd yang ketaun bolos sekolah buat ke game center n merasa cool karenanya.. yah, perasaan bangga-nya itu ada krn aku bisa selesai ngerjain stuff utk submission beberapa jam seblm waktu yg ditentukan, n tanggapan tutors2 di crit lumayan bagus. coba kalo crit-ku disastrous jg, sekarang mungkin lagi lemes sambil mikir "would things b different kl waktunya yg buat konser dipake buat kerja...?"

But people need to have "illegal" fun once in a while, really. karena itu membuat kita mikir lagi, siapa sih sebenarnya yg naro constraints2 seperti :"dilarang menonton konser pada malam sebelum submission." nggak ada sebetulnya, selain diri kita sendiri.

That said, target semester berikutnya adalah menjual jiwaku pada archi sambil memperhatikan orang lain..*atau kalo beneran pergi ke Paris, sambil jalan2 juga..somehow aku masih merasa surreal bhw aku bkl pergi exchange ke Paris..merasa kl di saat2 terakhir ntar ada sesuatu yg membatalkannya...hm...* Kenapa setelah do okay tanpa ditindas archi aku masih pengen menuang all of myself into it? Cuz that's the definition of the word passion... aku emang nggak nyesel gak put in 100% semester ini, tp aku pengen banget put in 120% semester depan.. semata karena berjuang sampe titik darah penghabisan adalah kenikmatan tersendiri... rasanya bakal seneng banget dan puas banget bahwa usaha yg kita serahkan adalah bener2 yang terbaik, dan dalam usaha mengejar yang terbaik itu, udah pasti diri kita akan semakin bertumbuh..dalam disiplin, kemauan, kemampuan, tekad, stamina, ketahanan mental n kepandaian membagi waktu.. tantangan terbesar di archi: how to have reasonably balanced life while justifying the passion we have by putting in much of ourselves.

oh well...submission telah datang...dan pergi...hahaha... tentu aja udah "balas dendam" dgn bangun siang2 n baca komik sepanjang malam... *insomnia-nya masih sisa dikit dari minggu lalu..payah..*

I'm glad this semester was what it was..no more and no less...


1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the MP3 e MP4, I hope you enjoy. The address is http://mp3-mp4-brasil.blogspot.com. A hug.