Saturday, February 9, 2008

Perihal Pacaran, Buat Anak dan Menjadi Dewasa

*Perhatian: sebelum berpikir yang enggak-enggak gara2 judul di atas, baca dulu blogpost di bawah.

*pengumuman: gw baru balik dari jakarta beserta kue2 kering segala rupa, kue lapis dan permen karet, hasil pasang tampang imut di depan om2 n tante2 gw. yang berminat hubungi nomer gw. harga nego.

ok, jadi ceritanya kenapa gw bikin blogpost dgn judul kurang senonoh tersebut di atas... gw baru balik dari jakarta buat ngerayain imlek, dan yang aneh bgt sih, selama berada di jakarta ortu gw berdua gak henti2nya memberitahu, meledek, menyindir gw dgn berbagai cara yg gw anggap pada intinya adalah semacam ultimatum nyuruh gw cepat2 pacaran.

mungkin wajar aja sih, soalnya semua om-tante-sepupu yg jarang ketemu sama gw nanyanya ya paling yg satu itu "eh jadi kamu udah punya pacar belum?" yang selalu gw tangkis dgn alasan "ah masih fokus ke studi" yg membuat ortu gw keliatan seperti punya anak seorang cewek abnormal jenis yang terlalu mementingkan studi-karier yang tidak bisa tidak akan menjadi perawan tua. tambahan lagi, dalam waktu dekat ini ada 2 orang sepupu gw yg akan menikah,n kemaren baru aja mama gw ikutan rombongan yang ngelamar, plus satu sepupu lagi berumur 23 taun baru aja ngelahirin seorang bayi perempuan sehat nan menggemaskan di Batam.

Well, efek dari segala hal itu adalah, selama 4 hari gw berada di jakarta, setiap hari ada beberapa kali gw denger kata2 seperti "aduh mama udah pengen nimang cucu nih..", "ching, makanya kamu cepat pacaran dong", "ah kapan ya kita mantu..", "udah ntar begitu lulus kawin aja" *kawin sama sapa coba...gak mungkinlah gw kawin ama gergaji mesin di workshop,man.." dan komentar2 bernada sumbang laennya.. Wah, gak bisa lebih obvious lagi deh hint-nya.. malahan ortu gw mulai pake "ngancem-ngancem" gitu, gw bakal diiklanin di koran dengan iming-iming sebuah rumah.. parah deh... ya, gw sih curiga bgt kalo ortu gw udah sekongkol gitu n mulai tanya2 ke kenalan2nya yang punya anak cowok, "Eh anakmu mau gak dikawinin aja sama anakku? Lumayan kok, kalo diamati baik-baik sih keliatan kalo dia itu cewek.. Aku kasih bonus rumah satu lho...." *Gile jadi anak developer ada bahayanya juga.*Pokoknya kalo sampe kejadian seperti itu sih, gw bakal mengeluarkan dan menumpuk semua buku2 gw, dan gw baru mau kawin kl cowok yg dijodohin sm gw itu volume bukunya menyamai punya gw. Minus buku2 bokep tentunya.

Anyway, gw sih udah cukup biasa lah diledek2 begitu, karena gw sendiri nerima krn dalam standar dunia jaman sekarang mungkin berumur 21 tahun dan belum pernah pacaran itu amat-sangat-abnormal-sekali-banget. Adek2 gw juga udah panik krn ortu gw blg kl gw belum kawin adek2 gw gak boleh ngelangkahin.yah tp gw sih gak setega itu lah, mungkin nantinya gw pura2 jadi biarawati aja. Tapi yah, yang mengagetkan gw adalah bhw komen2 bernada sumbang dari ortu gw makin menjadi2... yah..

Contohnya aja, kemaren gw sibuk potret2 ponakan2 gw yg masih kecil2 yg emang lucu2 banget, ada kali 100 lembar gw potret2 mereka. Eh pa2 gw bilang "Jangan potret2 anak orang lah, kalo mau bikin sendiri aja." Hah? Gw rada2 shock sih, soalnya tuh komen datengnya dari pa2 gw yg selalu gw anggap lebih konservatif dan enggak blak2an... Apakah ini berarti gw mendapat ijin melakukan hubungan seksual di luar nikah? Waduh, liberal bener ortu gw? Sayangnya, mengutip kata seorang temen gw, "No partner lah...."

Hm.. tapi...apa hubungannya semua hal di atas dan menjadi dewasa? Gw mikir sih, bahwa gw gak akan dianggap dewasa di mata ortu gw sebelum gw punya pasangan. *sengaja nggak pake istilah pacaran krn gw sendiri nggak percaya pada konsep pacaran. akan dibahas lain kali.* Atau apa itu perasaan gw aja? Well, misalnya aja, gw ngobrol sm sepupu gw yg udah 10 tahun gak ktemu, yg baru SMA but udah punya pacar, dan gw ngerasa aja bhw dia udah jadi begitu dewasa, nggak seperti anak kecil dlm ingatan gw lagi. Kalo definisi bhw menjadi dewasa itu adalah mampu memikul tanggung jawab lebih, ya berarti memang "pacaran" itu mendewasakan. Terus terang gw salut sama org2 yg bisa memasukkan orang lain dalam hidupnya, membuat keputusan bareng org lain, menyesuaikan hidup mereka dgn hidup org lain. krn gw sendiri blm pernah berkomitmen seperti itu dan gw nggak yakin gw sanggup berkomitmen seperti itu.

Selain itu, salah satu temen gw jg pernah blg, bedanya org yg dewasa dan yg enggak itu bukan pada umurnya, tapi pada pengalamannya. pas itu, gw inget ada tmn gw yg beberapa taun lebih tua, udah gitu punya jabatan di organisasi dan dianggap "sesepuh" pula, tapi lagi kelimpungan berat karena baru nembak cewek dan kyk di"gantung" gitu. gw blg ke tmn gw satu lagi, kok bisa ya org yg gw anggap dewasa itu jadi panik2 sendiri n emosional bgt gitu, trus tmn gw blg ya wajar kali kl tuh org dikit pengalamannya sm cewek jadi dia panik. Buku mungkin adalah guru paling lembut, tapi pengalaman seringkali adalah guru paling efektif. Jadi yah, logikaku, orang yang udah berpengalaman pacaran mungkin juga jadi lebih bisa menangani emosi dan hubungan dengan orang lain.

Tapi ada post-script nya sih. Sepertinya pacaran itu baru bisa bikin orang menjadi dewasa kalo emang dijalani dengan benar, dan kedua pihak yg terlibat juga memang mau bertumbuh jadi lebih dewasa. Ada juga pacaran yang kekanak2an yang leave both sides no better than before.

Hm...untuk seorang yang mengaku tidak percaya pada konsep pacaran, kenapa gw senang ngebahas topik ini yah..hahaha.. so disfunctional..

Anyway untuk sementara gw jauh lagi dari ortu gw dan kembali tenggelam di dunia studio. Realita sehari2 adalah bahwa once more waktu tenaga dan pikiran gw bakal tersita buat studi. Submission in one week's time!!!! So there.. nothing more, nothing less, and nothing less than architecture!

No comments: