Thursday, September 4, 2008

Dan sekali lagi Paris....

Sebelum gw dateng ke kota ini, gw udah punya image sendiri di kepala gw (dan gw yakin, hampir semua org jg punya image ttg Paris itu)..seperti apa Paris itu, seperti apa orang2nya, seperti apa susunannya, dan suasananya…Tapi begitu kuatnya image Paris sbg kota yg legendaris, yg nun jauh di sana, sampe2 gw sendiri waktu pertama dateng sedikit2 harus meyakinkan diri gw bhw gw memang lagi ada di sini.. ngeliat org2 Prancis berseliweran, gedung2 residential yg jauh *JAUH* lebih indah drpd HDB di Singapur…sampe waktu jln2 malam abis dinner gw terheran2 dan merasa lucu sendiri mengingat kok bisa2nya kebiasaan jln2 mlm di Toa Payoh town park bisa ganti ke jalanannya Paris..

Setelah semingguan ada di sini, kota ini mulai menjadi nyata buat gw… ritmenya mulai terasa, kehidupannya mulai menjadi kehidupan gw…dan gw menikmatinya….

Paris…. Salah satu image yg paling sering ada di kepala orang: Paris adalah kota mode. Pertamanya sih,gw ngeri jg bakal sekolah di sini, soalnya yah… gw sama sekali bukan jenis org yg mengurus penampilan gw… Kan gak lucu kl dikit2 gw disangka gembel… Setelah nyampe sini..yah, memang sih orang2 Paris pakaiannya bagus2 dan rapi2, apalagi anak2 skul gw yg nyata2 sekolah design, but byk jg kok yg pakaiannya biasa2 aja.. Cuma yg gw observe, berhubung cuaca di sini dingin, rata2 org pake baju beberapa layer, atau syal, atau sepatu yg bagus, tebel dan anget, jadinya emg keliatan lebih keren..

Mengenai pakaian ber-layer2 ini…waktu pertama dateng gw sempet mikir, “Ah gw gak bakal deh repot2 gitu,” berhubung dari dulu cara berpakaian gw itu mencontoh slogan KB: “Cukup dua saja.” – satu baju atasan, tambah bawahan yg biasanya terdiri dari celana pendek surfing *tp akhir2 ud tobat, mulai pake jeans..*. Yg namanya topi-lah, sabuk, syal, scarf etc asing bagi gw..paling banter jg jaket kl di studio. Tp di sini….ugh…udaranya dingin dan anginnya kenceng…sampe meskipun pake jaket jg terasa anginnya meniup sampe ke kulit….Oh well, gw mulai byk2 meng-observe les Parisians supaya tau bagaimana berpakaian tahan dingin yg baik dan benar….hahaha…

Image lain yg ada…Paris adalah kotanya gourmet food alias makanan mahal dan berkelas…Itu emang bener sih, byk restoran2 bertebaran yg memancarkan aura “Wah….”, dan di pinggir jalan byk kafe2 kecil yg kesannya emg chic dan keren… Trus, gw ud beberapa kali makan di tempat temen2 org Prancis, n yeah, they appreciate good food *unlike the British ;p*, and they know how slowly savour a meal, to enjoy it to the fullest.

Nah, mentality ini beda bgt sm org Singapur..di sini lunch time *dari jam 12 sampe jam 2* adalah waktu sakral yg gak boleh diganggu gugat…Malahan bisa molor melebihi 2 jam huhuhu… Oh dan satu lagi yg membuat gw rada2 shock..org sini suka terlambat…gak kira2 lagi, terlambatnya…atau apa Cuma sekolah gw aja ya?

Ttg ESA…Ecole Speciale d’Architecture…Well…gw masih mencoba mengerti skul gw ini..but byk bgt hal2 yg beda dgn NUS…Contoh: di sini guru2nya hobi telat, atau malah menghilang dari kelas sama sekali..

Kelas pertama gw, gurunya sama sekali gak dtg pdhl murid2 ud nungguin sejam di kelas..n setelah tny senior, ternyata tuh guru emg sering either telat ato gak dateng…huhuhu buset…But konon gurunya emg nyentrik..dia ngajar sejarah arsitektur Paris dan ktnya kl dia ngajar dia pake kostum bangsawan Prancis gt..jadi penasaran..bt jgn2 gurunya sering g dateng krn cuma punya satu stel kostum n berhubung di Paris jarang ada matahari, bajunya gak kering hahahaa..

Contoh kedua: guru fotografi…setelah ditungguin 45 menit, semua murid bosan dan cabut keluar kelas…eh gurunya lg jln pelan2 ke kelas..masuk lagi deh kita semua…. Contoh ketiga..kantor administrasi sekolah tuh seharusnya buka jam 9.30, tp yah..pas gw ke sana digedor2 jam 11 jg pintunya msh kekunci huhuhu…Dan contoh terakhir yg kemarin terjadi..semua anak2 exchange, about 15 of us, diminta ketemu sm principal n school director, jadilah kita semua nunggu di hall sambil duduk2..gw sm tmn2 sengaja dateng telat 15min, dgn pikiran, jadi gak usah nunggu begitu lama..Well, setelah duduk2 g jelas sekitar sejam, akhirnya org administrasi dateng n blg bhw principal n director nya lagi ada problem..huhuhuhu aneh abis…

Anyway, gw seneng sih soalnya ini pertama *dan terakhir..* kalinya gw belajar di sekolah yg semua2nya didedikasikan buat arsitektur..Nama sekolahnya aja kl diterjemahkan artinya "Sekolah Khusus Arsitektur"… Pas gw ambil pelajaran bhs Prancis, ada perkenalan diri singkat, dan kita semua disuruh blg, “Nama, kelas, hobi, bangunan favorit di Paris dan kenapa memilih belajar arsitektur.” Hahahaha…Udah gitu, ujiannya jg ttg arsitektur…Oral examnya aja disuruh ngomong ttg satu bangunan atau satu architectural term….Buat murid2 Prancis-nya jg, ada pelajaran bhs Inggris yg muatannya semua ttg arsitektur –‘English for Western architecture”, things like that. Atmosphere sekolahnya lumayan fun, krn model2 berserakan *kayak sampah sih..haha*, poster2 ttg archi, trus terasa bhw semua org yg lewat2 adalah calon arsitek hahahaha…

Uhh…pjg jg yah post-nya..gw masih pengen nulis ttg org2 homeless di Paris, ttg metro-nya,ttg org2 Paris itu sendiri..but well, sambung lain post deh….

No comments: