Friday, September 12, 2008

Aku Cinta (Puisi) Indonesia!

Kemaren diundang makan sama temen org Prancis, but anehnya yg dateng org Asia semua..*Paris Asian Nite? Huhuhu aneh...* tapi berhubung ada org Indonesia yg gak bisa ngomong cina, orang Cina yg gak bisa ngomong Inggris, org Korea, org Singapur, n terakhir one brave French guy yg mengundang semua org Asia ini...jadilah bhs Prancis "lingua franca"nya.. meskipun gw cuma nangkep sekitar 50% dari yg diomongin..huhu..

Anyway, di tengah bhs2 yg campur aduk (Indo, Inggris, Mandarin, Prancis..), gw ngomong sm tmn Indo gw yg ud lama sekolah di Prancis, bhw dari byk bahasa gw tetep merasa bhs Indo yg paling puitis. Dan well.. Dia ngeliat ke gw, dan berekspresi kyk "Are you serious....?" kind of look.... Percakapan selengkapnya kira2 gini:
Gw n J: ngobrol2 ngalor ngidul pake bhs Indo gaul
RF *org cina*: "C'est comme la langue des animaux,ca!" *"Kayak bhs binatang..."
Gw: *uhm hrsnya ini in French, but dijadiin indo biar gampang* "Gak, ini krn bhs gaul, tp bhs Indo yg formal sih bagus.'
Org2 Sg: "Oh jadi ada ya bhs Indo yg formal?"
J: "Ada... tapi gw sih gak bisa ngomong.."
Gw: "Eh tp gw merasa tetep bhs indo tuh paling puitis..'
J: "Ok...................."

Huhuhuhuhu...Emg sih ini ud sering dibahas di blog gw...krn somehow hal yg paling gw suka dari Indonesia adalah bahasanya... sampe2 satu2nya pertimbangan gw utk balik dan kerja di Indonesia adalah supaya bisa dekat dgn bhs Indonesia, n supaya kl gw punya anak dia bisa belajar bhs Indonesia...hahahaha....but well, I'm serious about this... kl gak krn indahnya bhs Indo, udah lama gw gak bkl ngurus/ mikir identitas gw sng org Indo. ya bhs Prancis jg keren sih...tapi...ahhh...gw ud pernah denger *as in, bener2 denger n mikirin kata2nya* bhs Inggris, Prancis, Mandarin, Jepang, Tamil, Hindi, Parsi, Yahudi, Jawa, Batak, Minang, Melayu, Jerman, Italia *overrated!*, Swedia, Arab, Vietnam, Tagalog...but tetep aja, bhs paling indah, hidup bhs Indonesia!

Sebagai bukti, dan krn gw ud mulai kangen buku2 sastra bermutu Indonesia, di bawah ini 2 puisi dari Sapardi Djoko Damono... singkat, namun menyentuh....

Hujan Bulan Juni

tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni
dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu

tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya yang ragu-ragu di jalan itu

tak ada yang lebih arif dari hujan bulan juni
dibiarkannya yang tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu


Aku Ingin

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan kata yang tak sempat diucapkan
kayu kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan
awan kepada hujan yang menjadikannya tiada
_____






No comments: